Sistem informasi komputer yang dipergunakan untuk memecahkan permasalahan spsesifik, mampu berkomunikasi dalam memecahkan masalah semiterstruktur. Informasi dihasilkan dalam bentuk laporan periodik dan khusus, output dari model matematika dan sistem pakar serta menggunakan beberapa jenis grafik. Komunikasi dilakukan pada saat berbagai kelompok manajer terlibat dalam pemecahan masalah. Sistem pendukung keputusan Gambar Sistem pendukung keputusan Perangkat Lunak > menghasilkan laporan periodik ( yang disiapkan sesuai jadwal ) dan laporan khusus ( yang disiapkan sebagai jawaban atas kebutuhan informasi yang tak terduga ) Model matematika > menghasilkan informasi sebagai hasil dari simulasi yang melibatkan satu atau beberapa komponen dari sistem fisik perusahaan atau berbagai aspek operasinya. Perangkat Lunak Group Decision Support System > memungkinkan beberapa pemecah masalah bekerja sama dan saling berkomunikasi untuk memperoleh solusi. OTOMATIS KANTOR OK > sistem informasi komputer yang mencakup semua sistem elektronik baik formal maupun informal, sistem formal ialah sistem yang bersifat prosedural dengan menggunakan dokumentasi, tulisan maupun uraian, sedangkan sistem informal ialah sistem tidak terencana sehingga tanpa dukungan dokumentasi tetapi cukup dengan lisan. Otomatis kantor berkaitan dengan komunikasi informasi didalam maupun diluar perusahaan, dan kebanyakan dipergunakan oleh orang yang bekerja didalam kantor ( pegawai administrasi, karyawan, sekretaris, profesional, manajer ). Sistem otomatis kantor Gambar Sistem otomatis kantor Informasi dikumpulkan dari sistem fisik perusahaan pada bagian bawah, sedangkan informasi berfungsi sebagai input bagi aplikasi otomatis kantor berbasis komputer seperti pengolah kata, surat elektronik dan konferensi komputer serta memungkinkan pemecah masalah saling berkomunikasi dengan menggunakan komputer mereka masing - masing. SISTEM PAKAR Sistem Pakar memiliki potensi untuk memperluas kemampuan pemecahan masalah manajer melebihi kemampuan normalnya. Sistem pakar terdiri dari empat bagian utama : User interface Penggunaan input dan output multimedia yang sekarang mendapatkan perhatian dari pengembang sistem sebagai cara untuk meningkatkan komunikasi antar komputer dan pemakai., Knowledge base menggunakan metode - metode pemecahan masalah dan menggunakan formula untuk mengekspresikan logika masalah, Inference engine menggunakan penalaran menyerupai manusia didalam memformulasikan isi daripada Knowledge base, dan Development engine berisi tentang bahasa pemrograman untuk pengembangan sistem pakar. Sistem pakar Gambar Sistem pakar Sistem pakar terdiri dari empat bagian antara lain User interface yang memungkinkan pemakai berinteraksi dengan sistem pakar. Knowledge base menyimpan akumulasi pengetahuan dari masalah tertentu yang akan diselesaikan. Inference engine menyediakan kemamapuan penalaran yang menafsirkan isi knowlegde base. Pakar dan analisis sistem menggunakan development engine untuk menciptakan sistem pakar.Sistem informasi komputer yang dipergunakan untuk memecahkan
permasalahan spsesifik, mampu berkomunikasi dalam memecahkan masalah
semiterstruktur. Informasi dihasilkan dalam bentuk laporan periodik dan khusus,
output dari model matematika dan sistem pakar serta menggunakan beberapa jenis
grafik. Komunikasi dilakukan pada saat berbagai kelompok manajer terlibat dalam
pemecahan masalah.
yang disiapkan sesuai jadwal ) dan laporan
khusus ( yang disiapkan sebagai jawaban atas kebutuhan informasi yang tak
terduga )
Model matematika
> menghasilkan informasi sebagai hasil dari simulasi yang melibatkan satu
atau beberapa komponen dari sistem fisik perusahaan atau berbagai aspek
operasinya.
Perangkat Lunak
Group Decision Support System >
memungkinkan beberapa pemecah masalah bekerja sama dan saling
berkomunikasi untuk memperoleh solusi.
OTOMATIS KANTOR
OK > sistem
informasi komputer yang mencakup semua
sistem elektronik baik formal maupun informal, sistem formal ialah sistem yang
bersifat prosedural dengan menggunakan
dokumentasi, tulisan maupun uraian, sedangkan sistem informal ialah sistem tidak terencana
sehingga tanpa dukungan dokumentasi tetapi cukup dengan lisan. Otomatis kantor
berkaitan dengan komunikasi informasi didalam maupun diluar perusahaan, dan
kebanyakan dipergunakan oleh orang yang bekerja didalam kantor ( pegawai
administrasi, karyawan, sekretaris, profesional, manajer ).
SISTEM PAKAR
Sistem Pakar
memiliki potensi untuk memperluas kemampuan pemecahan masalah manajer melebihi
kemampuan normalnya. Sistem pakar terdiri dari empat bagian utama : User interface Penggunaan input dan
output multimedia yang sekarang mendapatkan perhatian dari pengembang sistem
sebagai cara untuk meningkatkan komunikasi antar komputer dan pemakai., Knowledge base menggunakan metode -
metode pemecahan masalah dan menggunakan formula untuk mengekspresikan logika
masalah, Inference engine menggunakan
penalaran menyerupai manusia didalam memformulasikan isi daripada Knowledge
base, dan Development engine berisi
tentang bahasa pemrograman untuk pengembangan sistem pakar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar